Manfaat Tersembunyi Membaca Al Quran Ketika Puasa

Berita Terbaru Religi – Puasa di bulan suci Ramadhan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, selain menahan rasa lapar dan haus, puasa juga mampu mengontrol emosi kita secara bersamaan. Sama halnya dengan membaca Alquran, selain mendapatkan pahala, membaca Alquran juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Mari kita lihat manfaat apa saja yang kita dapatkan saat membaca Alquran sambil berpuasa.

Manfaat Tersembunyi Membaca Al Quran Ketika Puasa

  1. Mampu menurunkan tingkat stres, karena membaca Alquran dapat membawa ketenangan pikiran, menurut studi para ahli di Universitas Salford, Inggris.
  2. Ternyata membaca Alquran juga merupakan salah satu bentuk relaksasi yang disebut dengan metode relaksasi transenden yang jika dilakukan akan merangsang dan mengaktifkan kendali saraf otonom yang menghasilkan denyut jantung dan tekanan darah yang stabil.
  3. Menurut seorang spesialis kanker dari sebuah rumah sakit Beirut, Lebanon, Alquran memiliki efek yang luar biasa pada sel-sel tubuh. Irama Alquran dapat meningkatkan aktivitas sel sehat dan membangkitkan daya tahan tubuh untuk melawan sel tumor bahkan berbahaya sekaligus kanker. .
  4. Membaca Alquran dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh umat Islam “Bukannya orang berkumpul di salah satu rumah (masjid) Allah, mereka membaca Alquran dan malaikat, dan Allah menyebutkannya kepada makhluk yang berada di sampingnya “.
  5. Membaca Alquran adalah nutrisi terbaik untuk otak. Energi positif dari Alquran dapat menjadi nutrisi otak yang baik dan dapat mencegah penyakit seperti Alzheimer dan demensia.

Selain itu pada saat puasa kita mengisinya dengan banyak aktivitas terutama membaca al-Qur’an tentunya akan membuat puasa kita semakin berkah dan tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita kebanyakan orang saat membaca al-Qur’an menjadi lebih khusyuk. dan tidak sadar waktu berlalu sangat cepat, jadi jangan lupa baca Alquran, apalagi di bulan Ramadhan seperti sekarang ini tentunya pahala yang didapat sangat berlipat ganda.

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Meningkatkan Sekresi Hormon Pertumbuhan

Meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan juga salah satu manfaat puasa. Hormon pertumbuhan manusia (HGH) adalah sejenis hormon protein yang penting untuk banyak aspek kesehatan Anda. Kenyataanya para penelitian menemukan bahwa hormon kunci ini terlibat dalam pertumbuhan, metabolisme, dan kekuatan otot. Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa secara alami dapat meningkatkan kadar HGH. Satu studi pada 11 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa puasa selama 24 jam secara signifikan meningkatkan kadar HGH.

Studi kecil lainnya pada sembilan pria menemukan bahwa puasa hanya selama dua hari menyebabkan peningkatan 5 kali lipat dalam tingkat produksi HGH. Selain itu, puasa dapat membantu menjaga kestabilan gula darah dan kadar insulin sepanjang hari, yang selanjutnya dapat mengoptimalkan kadar HGH, karena beberapa penelitian menemukan bahwa mempertahankan kadar insulin yang tinggi dapat menurunkan kadar HGH.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, diperkirakan mencapai 31,5% kematian secara global. Dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Manfaat puasa untuk kesehatan jantung telah didukung oleh beberapa penelitian. Satu penelitian kecil mengungkapkan bahwa puasa delapan minggu secara bergantian mengurangi kadar kolesterol LDL “jahat”. Dengan begitu trigliserida darah masing-masing sebesar 25% dan 32%.

Studi lain pada 110 orang dewasa yang mengalami obesitas menunjukkan bahwa manfaat puasa selama tiga minggu di bawah pengawasan medis secara signifikan menurunkan tekanan darah, serta tingkat trigliserida darah, kolesterol total, dan kolesterol LDL “jahat”. Selain itu, satu penelitian pada 4.629 orang mengaitkan puasa dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih rendah, serta risiko diabetes yang jauh lebih rendah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *